Website Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo

Media Informasi Kesehatan

1. Tanggal : 17-09-2020 Jam : 14::52

RAPAT KOORDINASI PEJABAT PENGELOLA KEUANGAN PUSKESMAS

Dinas Kesehatan melalui bagian keuangan melaksanakan pertemuan sebagai hasil tindaklanjut pembinaan yang dilakukan BPPKAD Purworejo. Beberapa rekomendasi yang diberikan diantaranya perbaikan penyusunan data dukung setiap kegiatan sesuai petunjuk teknis APBD, menginput setiap kegiatan secara rinci sesuai nomenklatur atau tools keuangan dan pelaporan yang tepat waktu. Diharapkan hasil pembinaan dapat dijadikan bahan perbaikan dalam setiap penyusunan/data dukung yang diperlukan sehingga diperoleh laporan yang akuntabel, akurat dan tepat waktu.

Selengkapnya
2. Tanggal : 15-09-2020 Jam : 09::32

MONITORING DAN EVALUASI PELAPORAN KEUANGAN SEMESTER 1

Dinas Kesehatan melalui Subbag. Keuangan dan Kepegawaian melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan terkait penggunaan keuangan pada UPT Puskesmas. Beberapa kendala yang ditemukan belum tersedianya aplikasi yang dapat membantu dalam penyusunan keuangan sehingga menimbulkan kesalahan-kesalahan pembuatan dokumen pendukung. Prinsip prinsip kehati-hatian, akuntabel dan tranparan dalam penggunaan anggaran sangat dibutuhkan sehingga mengurangi resiko selisih/dalam penyajian laporan keuangan.

Selengkapnya
3. Tanggal : 08-09-2020 Jam : 09::28

MONITORING PENYERAPAN ANGGARAN

Dinas Kesehatan melalui Subbag. Kepegawaian dan Keuangan melakukan monitoring dan evaluasi terhadap penyerapan anggaran di UPT Puskesmas dan RSUD. Tjokronegoro. Permasalahan yang muncul adanya refocusing perencanaan anggaran untuk Covid-19, berkurangnya volume kegiatan dan keterbatasan aktivitas ditengah pandemic covid-19. Realisasi anggaran merupakan bagian dari salah satu indicator keberhasilan pembangunan diharapkan dalam waktu 3 bulan tersisa anggaran yang tersedia dapat segera dialokasikan sesuai tujuan dan target dalam pelayanan kepada masyarakat.

Selengkapnya
4. Tanggal : 05-09-2020 Jam : 09::27

WORKSHOP DPD PPNI KABUPATEN PURWOREJO

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman dalam penyusunan Angka Kredit bagi Perawat, DPD PPNI Purworejo dengan Dinas Kesehatan melaksanakan workshop yang diikuti Perawat dari Puskesmas dan Rumah Sakit. Dalam kegiatan tersebut dipaparkan terkait Permenpan Nomor 35 Tahun 2019 tentang Jabatan Fungsional Perawat. Perawat sebagai salah satu tenaga Kesehatan harus mengembangkan karier dan meningkatkan profesionalisme sehingga akan berdampak dalam peningkatan kinerja organisasi dan pelayanan Kesehatan pada umumnya.

Selengkapnya
5. Tanggal : 04-09-2020 Jam : 09::25

PELEPASAN PURNA TUGAS PEGAWAI DINAS KESEHATAN

Dinas Kesehatan mengadakan kegiatan pelepasan pegawai Purna Tugas Tahun 2020 berjumlah 6 Orang. Dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Kesehatan menyampaikan ucapan terima kasih atas pengabdian dan dedikasi terhadap pekerjaan serta permohonan maaf yang sebesar-besarnya selama berinteraksi /aktivitas dilingkungan kerja terdapat kesalahan dan kekeliruan. Purna Tugas bukanlah akhir dari segala aktivitas seseorang dalam bidang yang digelutinya, bisa terus berkarya dan bersinergi dalam bidang-bidang lain untuk mengisi pembangunan.

Selengkapnya
6. Tanggal : 27-08-2020 Jam : 08::24

PENYEMPROTAN DI KANTOR BRI

Dalam rangka penanggulangan penyebaran Covid’19 di Kabupaten Purworejo, Dinas Kesehatan melalui seksi Penyehatan Lingkungan telah melaksanakan kegiatan Penyemprotan di tempat-tempat umum yang memungkinkan sebagai sumber penyebaran penyakit. Kegiatan kali ini dilaksanakan di BRI Cabang, BRI Loano, BRI Kalijambe, BRI Kledung, dan BRI Tambakrejo pada tanggal 27 Agustus 2020.  Adapun ruangan yang di sterilisasi diantaranya yaitu ruang tunggu, ruang kerja, dan ruang meeting. Karyawan, karyawati, dan nasabah diharapkan tetap jaga jarak, cuci tangan sesering mungkin, aktifitas fisik dan makan makanan yang bergizi supaya tetap prima dan daya tahan tubuh terjaga.

Selengkapnya
7. Tanggal : 26-08-2020 Jam : 15::27

Desk data peserta BPJS kesehatan NON PNS

Tgl 26 agustus 2020 Dalam rangka optimalisasi pelaksanaan pembiyaan jaminan kesehatan bagi pegawai pemerintah non pns dilingkungan dinas kesehatan kab purworejo, maka dinas kesehatan kab purworejo melakukan desk data peserta bpjs kesehatan bagi tenaga non pns yang dibayari iuran premi.

Selengkapnya
8. Tanggal : 26-08-2020 Jam : 14::08

PENGAMBILAN SAMPEL AIR DI DESA KEDUNGLO KECAMATAN KEMIRI

Pada hari Selasa tanggal 26 Agustus 2020, Petugas Kesehatan Lingkungan melaksanakan kegiatan pengambilan sampel air program pamsimas pra pembangunan sarana air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (PAMSIMAS) di Desa Kedunglo. Titik pengambilan pada sarana air minum yang terdekat dengan lokasi yang akan dibangun. Sampel air yang telah diambil akan di uji di Laboratorium Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo secara bakteriologi dan kimia.  Uji secara bakteriologi berupa kadar Coliform sedangkan Kimia berupa Besi (Fe) dan Mangan (Mn).

Selengkapnya
9. Tanggal : 25-08-2020 Jam : 15::21

Pertemuan dalam rangka pencapaian UNIVERSAL HEALTH COVERAGE (UHC) kab. purworejo di ruang kerja Sekretaris Daerah Kab Purworejo.

Tgl 25 agustus 2020 , upaca percepatan menuju UHC Kab purworejo. Pemerintah kab purworejo melakukan pertemuan yg dipimpin langsung oleh sekretaris daerah kab purworejo bapak Drs Said Romadhon pertemuan dihadiri oleh kepala dinas dinsoskbpp&pa,bppkad, disdukcapil, dinpermasdes, bappeda, dinkes, kabag hukum setda kab purworejo,asisten 3 setda kab purworejo, kepala bpjs kesehatan kc kebumen.

Selengkapnya
10. Tanggal : 25-08-2020 Jam : 15::14

Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo menyelenggarakan Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP).

Pada hari Selasa, 25 Agustus 2020, Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo menyelenggarakan Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP).
Pertemuan dibuka oleh Kepala Bidang SDK, Promosi dan Kemitraan Kesehatan, ibu Drg. Ekowati Kadiyanti dan Kepala Seksi Farmasi, Makanan, Minuman dan Perbekalan Kesehatan, bapak Drs. Nanang Wijayanto, Apt.
Pertemuan diselenggarakan selama 1 (hari), dengan peserta adalah produsen pangan industri rumah tangga, baik sebagai pemilik atau penanggung jawab usaha.
Hasil dari pertemuan ini, adalah Sertifikat Penyuluhan Keamanan Pangan bagi para peserta yang merupakan salah satu syarat pengajuan Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT) atau yang lebih dikenal dengan istilah ijin P-IRT.

Selengkapnya
11. Tanggal : 25-08-2020 Jam : 11::50

PENYEMPROTAN DESINFEKTAN DI PASAR WINONG UNTUK PENCEGAHAN COVID-19

Pada Hari Selasa, 25 Agustus 2020, Tim Percepatan Penanganan Covid-19 Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo melakukan  penyemprotan desinfektan Pasar Winong di wilayah UPT Puskesmas Winong. Kegiatan penyemprotan dihadiri lintas sektor dari Kecamatan, Koramil dan Puskesmas.
 Adapun maksud dan tujuan Penyemprotan desinfektan dilakukan sebagai upaya pencegahan meluasnya penularan virus corona serta  memberikan perlindungan kepada  warga masyarakat. (Sie P2 Dinkes Pwr).

Selengkapnya
12. Tanggal : 25-08-2020 Jam : 11::31

PENYEMPROTAN DI PASAR SEREN

Dalam rangka penanggulangan penyebaran Covid’19 di Kabupaten Purworejo, Dinas Kesehatan melalui seksi Penyehatan Lingkungan telah melaksanakan kegiatan Penyemprotan di tempat-tempat umum yang memungkinkan sebagai sumber penyebaran penyakit. Kegiatan kali ini dilaksanakan di Pasar Seren pada tanggal 25 Agustus 2020. Dipilihnya pasar Seren karena banyak pengunjung pasar.  Adapun ruangan yang di sterilisasi diantaranya yaitu di kios-kios, lapak, kantor dan sarana umum. Para pedagang dan pengunjung pasar diharapkan tetap jaga jarak, cuci tangan sesering mungkin, aktifitas fisik dan makan makanan yang bergizi supaya tetap prima dan daya tahan tubuh terjaga.

Selengkapnya
13. Tanggal : 24-08-2020 Jam : 15::25

RAPAT KOORDINASI STRUKTURAL

Meningkatnya kasus Positif Covid-19 di Kabupaten Purworejo menjadi perhatian khusus dalam jajaran struktural Dinas Kesehatan. Koordinasi dan komunikasi untuk percepatan penanganan dilakukan dengan memfokuskan penguatan anggaran, penyediaan sarana pendukung, pemeriksaan secara massif terhadap orang tanpa gejala (OTG) melalui penegakan diagnosis pemeriksaan PCR tes. Semakin banyak penemuan kasus akan mempermudah dalam pemetaan dampak dan penanganan yang efektif dan efisien.

Selengkapnya
14. Tanggal : 24-08-2020 Jam : 15::17

REVIEW PEMBERIAN INSENTIF COVID-19 BPKP YOGYAKARTA

Dalam rangka mengawal pemberian Insentif Covid-19 terhadap Tenaga Kesehatan yang menangani Covid-19 di Kabupaten Purworejo, BPKP Wilayah Yogyakarta melakukan Review mekanisme pencairan insentif. Review dilakukan untuk memastikan proses pengusulan, verifikasi dan pencairan mengikuti mekanisme sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Beberapa kendala yang disampaikan jajaran Dinas Kesehatan dan Tim Verifikator adalah persepsi terhadap peraturan yang dinamis berubah, keterbatasan tenaga administrasi untuk membuat data dukung yang diperlukan sebagai persyaratan usulan insentif. Dengan adanya review diharapkan akan memperjelas pengusulan pada tahap berikutnya.//

Selengkapnya
15. Tanggal : 24-08-2020 Jam : 11::47

PENYEMPROTAN DESINFEKTAN PENCEGAHAN COVID-19

Pada Hari Senin, 24 Agustus 2020, Tim Percepatan Penanganan Covid-19 Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo melakukan  penyemprotan desinfektan tempat-tempat umum (TTU) yaitu di Pasar Gembor dan Pasar Putat Desa Wirun UPT Puskesmas Wirun Kutoarjo.
 Adapun maksud dan tujuan Penyemprotan desinfektan dilakukan sebagai upaya pencegahan meluasnya penularan virus corona serta  memberikan perlindungan kepada  warga masyarakat. (Sie P2 Dinkes Pwr.

Selengkapnya
16. Tanggal : 24-08-2020 Jam : 11::33

PENYEMPROTAN DI PASAR WIRUN

Dalam rangka penanggulangan penyebaran Covid’19 di Kabupaten Purworejo, Dinas Kesehatan melalui seksi Penyehatan Lingkungan telah melaksanakan kegiatan Penyemprotan di tempat-tempat umum yang memungkinkan sebagai sumber penyebaran penyakit. Kegiatan kali ini dilaksanakan di Pasar Wirun pada tanggal 24 Agustus 2020. Dipilihnya pasar Wirun karena banyak pengunjung pasar.  Adapun ruangan yang di sterilisasi diantaranya yaitu di kios-kios, lapak, kantor dan sarana umum. Para pedagang dan pengunjung pasar diharapkan tetap jaga jarak, cuci tangan sesering mungkin, aktifitas fisik dan makan makanan yang bergizi supaya tetap prima dan daya tahan tubuh terjaga.

Selengkapnya
17. Tanggal : 24-08-2020 Jam : 11::25

SOSIALISASI SMK TKM

Pada tanggal 24 Agustus 2020 telah dilaksanakan Sosialisasi dalam rangka Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika. Kegiatan ini dilaksanakan di SMK TKM Purworejo. Sosialisasi ini diadakan oleh Kodim07/08 Purworejo yang kemudian diisi oleh Dinas Kesehatan untuk memberikan pengarahan terkait Adaptasi Kebiasaan Baru. Setelah itu para siswa dapat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat agar dapat bersama-sama memutus rantai penularan Covid-19.

Selengkapnya
18. Tanggal : 22-08-2020 Jam : 11::48

PENYEMPROTAN DESINFEKTAN JALAN RAYAT KUTOARJO-PURWOREJO UNTUK PENCEGAHAN COVID-19

Pada Hari Sabtu, 22 Agustus 2020, Tim Percepatan Penanganan Covid-19 Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo melakukan  penyemprotan desinfektan di Jalan Raya antara Kutoarjo-Purworejo. Hadir pada kegiatan tersebut Tim Dinkes, Polres, Kodim, Satpol PP dan Damkar Kabupaten Purworejo.(Sie P2 Dinkes Pwr).

Selengkapnya
19. Tanggal : 19-08-2020 Jam : 11::24

PELATIHAN PETUGAS PEMULASARAAN JENAZAH

Kasus meninggal akibat Covid-19 yang semakin meningkat mendorong tenaga kesehatan untuk bisa memulasarkan jenazah sesuai protokol Covid-19. Selama ini pemulasaraan jenazah covid di Kabupaten Purworejo berpusat di RSUD Tjitrowatdojo sehingga perlu pelatihan pada faskes lain agar pemulasaraan dapat berjalan lebih cepat dan cepat. Pelatihan pemulasaraan jenazah dengan protokol kesehatan kepada 27 Puskesmas dan 10 Rumah Sakit di Purworejo dilaksanakan pada hari Rabu, 19 Agustus 2020 dengan narasumber dari RSUD Tjitrowardojo. Pelatihan dilakukan dengan praktik pemulasaraan jenazah sesuai protokol kesehatan. Setelah itu, dilaksanakan sharing pendapat tentang kasus Covid-19 di kabupaten Purworejo.

Selengkapnya
20. Tanggal : 19-08-2020 Jam : 09::41

Kegiatan BIAS MR (bulan imunisasi anak sekolah) dalam masa pandemi covid-19.

Kegiatan BIAS MR (bulan imunisasi anak sekolah) dalam masa pandemi covid-19.
Menerapkan,protokol kesehatan dengan Memakai masker, cuci tangan pakai sabun, jaga jarak.

Selengkapnya
21. Tanggal : 18-08-2020 Jam : 11::21

PEMBUATAN VIDEO ADAPTASI KEBIASAAN BARU DI KANTOR

Proses pembuatan video adaptasi kebiasaan baru di kantor dilaksanakan di Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo. Pengambilan video dilaksanakan pada hari senin tanggal 18 Agustus 2020 mulai pukul 07.30 sampai dengan 14.00 WIB. Kegiatan ini dilakukan selama satu hari. Mulai dari bangun tidur, persiapan akan berangkat ke kantor hingga sampai di kantor bahkan pulang dari kantor dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Dengan dibuatnya video adaptasi kebiasaan baru di kantor dapat menjadikan contoh dan gambaran bagi masyarakat untuk dapat menerapkan adaptasi kebiasaan baru di kantor khususnya Kabupaten Purworejo.

Selengkapnya
22. Tanggal : 17-08-2020 Jam : 15::21

RAPAT KOORDINASI STRUKTURAL

Memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 dan meningkatkan semangat patriotisme pahlawan jajaran struktural Dinas Kesehatan melakukan upacara bendera dan dilanjutkan mengikuti rapat kegiatan terhadap kondisi pandemic Covid-19 yang belum berakhir. Peningkatan kasus Covid-19 di Purworejo memerlukan perhatian dan komitmen bersama dalam hal pengendalian penyebaran melalui jaga jarak dan selalu menggunakan masker.

Selengkapnya
23. Tanggal : 17-08-2020 Jam : 11::16

UPACARA BENDERA 17 AGUSTUS 2020 DI DINAS KESEHATAN KABUPATEN PURWOREJO

Telah dilaksanakan upacara bendera dalam Rangka Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-75 Tahun. Kegiatan diikuti seluruh staf, karyawan dan pegawai Dinas Kesehatan kabupaten Purworejo. Upacara berlangsung pada hari Senin tanggal 17 Agustus 2020 pukul 08.00 sampai dengan selesai dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Selengkapnya
24. Tanggal : 14-08-2020 Jam : 16::14

Penyakit malaria di Kabupaten Purworejo tetap terpantau melalui Program Inovasi Surveilas terintegrasi Malaria - Covid19

Kondisi pandemi covid 19 di kabupaten Purworejo tidak menjadikan kegiatan atau program yang lainnya terhenti. termasuk program eliminasi malaria yang juga merupakan program prioritas di Kabupaten Purworejo.
Mengingat Kabupaten Purworejo merupakan salah satu Kabupaten dari dua Kabupaten di Jawa Tengah yang belum mencapai Eliminasi Malaria dan terdapat Tiga Mega Proyek (YIA, BOB, Bendung Bener) yang memungkinkan tingginya mobilitas penduduk
Eliminasi Malaria adalah keadaan dimana tidak terjadi lagi penularan malaria setempat (indigenous) dalam suatu wilayah geografis tertentu minimal selama tiga tahun berturut-turut bukan berarti tidak ada kasus import
Sampai bulan Agustus 2020 ditemukan 4 kasus malaria inport  di Kabupaten Purworejo dan tidak terjadi penularan kasus setempat.
Hal ini terungkap dalam acara Sosialisasi Lintas Sektor Surveilans terpadu Malaria – Covid19 di Aula Dinas Kesehatan pada tanggal 13 Agustus 2020.
Menurut dr. Sudarmi, MM selaku Kepala Dinas bahwa sudah dua tahun terakhir tidak terjadi penularan kasus malaria di Kabupaten Purworejo, walaupun kasus malaria masih di temukan namun setelah dilacak kasus tersebut adalah merupakan kasus import yaitu kasus yang diderita dari orang yang habis bepergian atau datang dari daerah endemis malaria seperti lampung, Kalimantan, atau Papua.
Pentingnya pemantauan orang-orang yang datang dari luar daerah untuk mendeteksi adanya penyakit yang masuk ke Kabupaten Purworejo, seperti yang terjadi pandemi covid19  saat ini juga awalnya dibawa dari orang yang datang dari luar daerah membawa virus corona. Untuk efektifitas kegiatan dalam mengendalian yang ada di Kabupaten Purworejo maka perlu di terapkan surveilans terintegrasi malaria dan covid19.
Diharapkan dengan program inovasi tersebut  covid19 dapat terkendali dan malaria tereliminasi di kabupaten Purworejo.
       
    Promkes Purworejo 14 Agustus 2020

Selengkapnya
25. Tanggal : 13-08-2020 Jam : 15::23

RAPAT KOORDINASI PIMPINAN UPT PUSKESMAS

Dinas Kesehatan melaksanakan Rapat pimpinan dengan Kepala UPT Puskesmas terkait pemberian Gaji ke 13 terhadap tenaga Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Dinas Kesehatan. Merujuk Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 2020 tentang pemberian gaji, pension, tunjangan atau penghasilan ke-13 kepada PNS, TNI, Polri, Pegawai Non-PNS/BLUD dan penerima tunjangan sehingga UPT Puskesmas sebagai BLUD dapat memberikan tunjangan atau gaji ke-13 terhadap tenaga Non-PNS. Mekanisme pemberian dan penyediaan anggaran menjadi topik pembahasan untuk dikoordinasikan dengan Badan Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD).

Selengkapnya

Menuju Purworejo Bebas Malaria 2022